10 Manfaat Madu untuk Anak dan Balita

10 Manfaat Madu untuk Anak dan Balita – Madu mengandung banyak sumber vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak dan balita. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu :
  1. Fruktosa, zat ini berfungsi untuk membantu peran glukosa di dalam tubuh yang tersedia dalam jumlah kecil. Fruktosa sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan agar tidak memberatkan fungsi kerja organ hati pada anak.
  2. Glukosa, zat ini memiliki fungsi sebagai perantara metabolisme untuk penyedia sumber energi bagi sel-sel tubuh.
  3. Maltosa, zat ini adalah senyawa yang akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh sebagai sumber tenaga.
  4. Sukrosa, zat ini adalah gabungan dari fruktosa dan glukosa yang juga terdapat dalam tebu. Fungsinya sebagai sumber tenaga dan daya tahan bagi tubuh.
  5. Air, zat ini memiliki manfaat paling banyak dalam tubuh sebagai komponen utama sel-sel dan sumber energi bagi jaringan tubuh.
  6. Vitamin C, kandungan vitamin C dalam madu berfungsi sebagai penguat daya tahan dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.
  7. Enzim diastase, enzim ini berfungsi untuk mengubah karbohidrat komplek dalam tubuh menjadi karbohidrat sederhana yang lebih muda diserap oleh tubuh.
  8. Enxim invertase, enzim ini berfungsi untuk memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa yang mengoptimalkan penyediaan sumber energi bagi tubuh.
  9. Enzim oksidase, enzim ini berfungsi untuk membantu proses oksidasi glukosa menadi peroksida.
  10. Enzim peroksidase, enzim ini berfungsi untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh.

Dengan banyaknya zat-zat bernutrisi tinggi yang terdapat pada madu sehingga banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia untuk kesehatan. Madu juga aman dikonsumsi karena terbentuk dari proses alami tanpa memiliki efek samping apapun. Demikian juga pemberian madu bagi anak-anak. Meski anjuran yang ditetapkan WHO tidak mengizinkan anak dengan usia di bawah 1 tahun mengkonsumsi madu.

Untuk lebih jelasnya berikut manfaat madu untuk anak-anak :

  1. Meredakan Batuk – Madu dapat berfungsi untuk mengobati batuk pada anak dengan bekerja secara efektif dan aman tanpa efek samping seperti pada obat kimia. Beri madu pada anak menjelang tidur dengan dosis 1 sendok makan secara rutin untuk membantu meredakan batuk yang dideritanya. Kandungan gula alami yang ada di dalam madu tidak akan membuat batuknya semakin parah seperti yang banyak dipikirkan oleh orang.
  2. Menunjang Pertumbuhan -Mengkonsumsi madu akan membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuhnya menjadi lebih optimal. Berikan madu secara rutin pada anak setiap hari dengan dosis 1 sendok makan untuk memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.
  3. Sumber Energi – Kandungan fruktosa dalam madu adalah pemanis alami yang dibutuhkan tubuh anak untuk memberikan energi. Konsumsi madu dapat mencukupi kebutuhan energi bagi anak disamping makanan utama lain untuk menunjang aktivitas fisik yang aktif dilakukannya sehari-hari.
  4. Mempercepat Penyembuhan Luka – Bila lukanya tidak terlalu parah, madu dapat digunakan sebagai obat alami yang akan mempercepat proses penyembuhan lukanya. Madu juga berfungsi untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan pada luka. Caranya adalah dengan mengoleskan madu murni pada luka yang telah dibersihan secara teratur secukupnya.
  5. Mencerdaskan Otak – Pemberian nutrisi lewat konsumsi madu, dimana madu berperan amat baik bagi perkembangan fungsi dan kecerdasan otak anak. Berikan dosis madu sekali sehari setiap hari agar anak mendapatkan manfaat yang maksimal.
  6. Menyehatkan Sistem Pencernaan – Madu mengandung sejumlah bakteri baik yang berfungsi sebagai penumpas bakteri jahat yang ada di dalam usus akibat makanan atau sistem metabolism alami tubuh. Contohnya adalah 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria. Madu dapat menetralkan dan membersihkan sistem pencernaan agar sistem metabolisme tubuh anak tidak terganggu.
  7. Sumber Vitamin Lengkap -Madu mengandung hampir seluruh komponen vitamin yang dibutuhkan oleh anak yaitu vitamin B1, B2, B3, D, K, E, B5, asam nikotinat dan urin acid. Kelebihan madu adalah proses penyerapan vitamin-vitamin ini ke dalam tubuh hanya memerlukan waktu satu jam setelah madu dikonsumsi.
  8. Membantu Tumbuh Kembang Anak -Madu memiliki kandungan zat besi (Fe) dan tembaga (Cu) dengan kadar yang cukup banyak dibandingakan ASI atau susu sapi. Kedua zat tersebut amat diperlukan tubuh anak untuk membantu perkembangan sel-sel tubuh dan membantu proses terbentuknya hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh anak.
  9. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh -Kandungan zat besi dan vitamin kompleks dalam madu berkontribusi kuat dalam perlindungan sistem daya tahan tubuh anak-anak. Madu dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk memperkuat imunitas tubuhnya agar terlindung dari paparan virus dan infeksi yang diakibatkan oleh virus tersebut.
  10. Meningkatkan Daya Ingat -Madu yang dikonsumsi sejumlah 20 gram per harinya ternyata dapat memicu regenerasi sel-sel dalam otak dan menstimulus produksi hormon-hormon yang berperan dalam kecerdasan dan daya ingat anak.

Dengan segala khasiat dan manfaat madu yang baik bagi tubuh, salah satu produk Madu Anak yang sedang digandrungi adalah Gizidat sebagai salah satu Madu Anak untuk menambah Nafsu Makan dan Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0822-4260-8476


error: Content is protected !!