Penyakit Gagal Ginjal di Usia Muda

Penyakit Gagal Ginjal di Usia Muda

Salah satu jenis penyakit ginjal yang paling umum ditemui adalah penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal merupakn suatu kondisi dimana ginjal manusia rusak dan tidak dapat berfungsi normal, atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali. Gagal ginjal ini disebabkan oleh satu hal yang paling utama , yaitu rusaknya tubulus pada ginjal. Biasanya, gagal ginjal merupakan efek dari komplikasi penyakti – penyakit kronis lainnya, seperti :

  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Saliran kemih (kanker, batu, dan tumor )
  • Kanker
  • Kelainan autoimun tubuh

Ginjal merupakan organ bagian dalam yang sangat berperan pada proses pencernaan dan pengeluaran racun di dalam tubuh. Fungsi dari ginjal adalah untuk melakukan penyaringan darah dari zat – zat yang bersifat racun, yang akan dibuang melalui proses sekresi. Bentuk proses sekresi ini ditandai dengan adanya proses pengeluaran urine dari dalam tubuh. Fungsi lain dari ginjal adalah sebagai penyeimbang kadar asam dan basa di dalam tubuh. Kerusakan ginjal dapat menurunkan fungsinya. Penurunan dari fungsi ginjal dapat menimbulkan beragam masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Selain itu, dengan tidak berfungsinya ginjal dengan baik, maka darah kotor dan mineral – mineral serta toksin tubuh tidak dapat tersaring dengan sempurna, dan malahan akan mengendap di dalam tubuh. Maka dari itu, penderita gagal ginjal harus melakukan terapi cuci darah secara teratur untuk ‘ membersihkan ‘ darah dari toksin dan mineral lainnya dengan bantuan alat medis. Atau bisa juga melakukan proses cangkok ginjal agar fungsi ginjal dapat berfungsi normal kembali.

Gejala-gejala Gagal Ginjal

Berikut ini adalah gejala – gejala dari gagal ginjal :

  • Bengkak pada mata dan kaki.
  • Sakit atau nyeri pada bagian perut
  • Sedikit buang air kecil, namun dengan intensitas sering
  • Urine mengalami pendarahan
  • Lemas
  • Anemia
  • Mual yang persisten
  • Nafsu makan menurun.

Ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi pada gagal ginjal, yaitu berkurangnya jumlah urine, sesak napas, dan sebagainya.

Kondisi Penyebab Gagal Ginjal

Kebanyakan orang mengira bahwa gagal ginjal hanya bisa dialami orang tua. Padahal, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada usia muda, seperti:

  • Polycystic Kidney Disease (PKD) adalah gangguan genetik yang ditandai dengan pembentukan kista di dalam ginjal. Hal ini menyebabkan ginjal membesar dan kehilangan fungsinya secara berkala. Kista tersebut adalah tumor jinak yang berisi cairan. Ukurannya beragam dan dapat berkembang menjadi sangat besar. Kista di ginjal ini juga dapat sewaktu-waktu berkembang ke organ hati.
  • Goodpasture Syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perdarahan difus pada organ paru-paru. Ketika hal tersebut berkembang menjadi peradangan di saluran glomerulus ginjal, maka istilahnya goodpasture disease. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun (kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri) yang bisa terjadi pada seseorang yang memiliki faktor genetik dan dicetuskan oleh faktor lingkungan, seperti merokok, infeksi, paparan pada solven atau hidrokarbon serta debu logam, dan sebagainya.
  • IgA Nephropathy adalah kondisi di mana adanya deposisi kompleks imun IgA di saluran glomerulus ginjal. Hal ini dapat mengganggu fungsi glomerulus tersebut untuk menyaring darah. Gejala awalnya bisa ditemukan sejumlah darah atau protein di dalam pemeriksaan urine. Penyakit ini dapat diderita semua umur, namun biasanya pada dewasa muda.
  • Tekanan Darah Tinggi yang tidak diobati secara tepat dapat menyebabkan gangguan ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja menjadi lebih berat ketika tekanan darah Anda tinggi.
  • Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit metabolik yang umum terjadi pada masyarakat, bahkan dapat diderita oleh usia muda. Biasanya diabetes yang terjadi pada usia muda adalah diabetes tipe 1, yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Penyakit ini pun mempunyai efek pada ginjal yang bila didiamkan, lama-kelamaan bisa membuat kerja ginjal semakin berat.

Tidak mudah untuk menegakkan diagnosis gagal ginjal di usia muda karena gejalanya yang kadang kurang jelas. Karena itu, sangat penting untuk memeriksakan diri Anda ke dokter jika mengalami gejala seperti di atas. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda.

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0811-2043-499


error: Content is protected !!