Khasiat Beras Merah

Khasiat Beras Merah

Beras merah atau brown rice adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, berbentuk butir utuh. Rasa dari beras merah hampir seperti kacang dengan tekstur yang lebih kenyal daripada beras putih. Dengan kemungkinan lebih cepat basi, tetapi beras merah lebih bernutrisi dibandingkan dengan beras putih. Hal ini dikarenakan lapisan ari yang terdapat dalam beras merah lebih banyak mengandung nutrisi.

Kondisi yang tepat untuk mengonsumsi :

  • Ketika sedang diet.
  • Menghindari diabetes.
  • Sudah terkena diabetes.
  • Mengalami penyakit jantung.
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Meningkatkan HDL.

Kandungan Nutrisi dalam Beras Merah

Setiap porsi beras merah masak yang disajikan memiliki jumlah kalori yang baik yakni kurang dari 110 kalori. Begitu juga presentasi kandungan didalam beras merah ini:

  • Karbohidrat – 85 % ( 8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat – 7% ( serat dibutuhkan untuk tubuh dan pencernaa)
  • Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin). Fungsi vitamin B ini untuk menarik energi dari makanan yang dikonsumsi, juga berguna untuk mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
  • Magnesium, fosfor dan kalsium – guna menjaga kesehatan tulang yang kuat.
  • Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi dari jantung
  • Kandungan lain dalam beras merah: zat besi, zinc, dan mangan. Kandungan gizi tersebut berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah. Kadar antioksidan tentu baik mencegah kanker.

Jenis Beras Merah Berdasarkan Tampilan

Beras merah yang berwarna merah gelap, beras merah ini belum disosok atau atau dikelupas arinya,sehingga ketika dimakan akan terasa lebih kasar dan mengenyangkan.

Beras merah yang berwarna merah terang,beras merah ini sudah dikelupas kulit arinya sehingga ketika dimakan lebih lunak dan tidak terlalu padat.Kedua jenis beras merah ini sama baiknya; untuk kandungan serat sudah tentu yang lebih baik adalah jenis beras merah yang belum disosok,namun jika anda ingin beras merah yang terasa lebih enak tentu yang berwarna merah terang,jadi terserah anda.

Cara memilih beras merah yang baik

Beras merah yang baik memiliki selaput (kulit ari) yang berwarna merah hati dan masih utuh. Jika menemukan beras merah yang kulit permukaannya banyak yang rusak atau mengelupas, dapat disimpulkan bahwa itu bukan beras merah yang baik. Selaput permukaan beras merah yang mengelupas juga menjadi penanda jika beras merah tersebut sudah mengalami pengurangan nutrisi di dalamnya. Jika mendapatkan beras merah yang warnanya berubah menjadi kecokelatan atau kotor sebaiknya jangan dikonsumsi atau digunakan. Pilihlah beras merah yang warnanya merah hati atau merah bersih.

Manfaat / Khasiat Beras Merah Untuk Kesehatan

Menurunkan berat badan – Dengan rendahnya kandungan kalori pada beras merah baik untuk proses diet dan kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga rasa lapar tidak cepat timbul.

Sehat untuk pencernaan – Beras merah yang kaya akan kandungan serat . Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

Mengontrol gula darah – Baik untuk penderita diabetes, dengan kandungan kalori yang sedikit dan kaya akan kandungan serat hal ini tentunya cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes yang harus mengontrol gula darahnya.

Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) – Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

Meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) – Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

Mencegah terjadinya pembentukan batu empedu – Di berbagai penelitian makanan kaya kandungan seratnya sangat dikaitkan dengan pencegahan pembentukan batu empedu. Dikarenakan serat sangat mudah dicerna hingga dapat membantu dalam pelarutan sisa makanan untuk membantu pembentukan empedu yang sehat.

Sumber Antioksidan – Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh. Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan.

Menjaga kesehatan tulang – Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi. Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kemungkinan dapat mencegah kanker – Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat juga antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat Beras Merah Untuk Kecantikan

Berikut ini manfaat dari beras merah untuk kecantikan yang wajib untuk diketahui.

  • Masker Wajah yang Alami – Kandungan oryzanol pada beras merah dapat membantu memperbaharui pigmen melamin sehingga kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.
  • Lulur Pembersih Badan – Caranya adalah dengan memanfaatkan air tajin beras merah (air cucian beras) untuk dijadikan lulur. Campurkan air tajin dengan pasta almond, kemudian lulurkan keseluruh badan.
  • Mengurangi kerusakan kulit terpapar Matahari – Caranya dengan mengoleskan air tajin beras merah yang didinginkan pada bagian kulit yang tersengat matahari.
  • Membantu Mencerahkan Bibir – Caranya dengan mengoleskan air tajin beras merah yang didinginkan tersebut dioleskan pada bibir kemudian diamkan sampai kering. Lakukan secara rutin maka bibir akan menjadi lebih cerah.
  • Melembutkan Tangan – Caranya, sediakan bahan-bahannya : 150 gram beras merah, 1 sendok makan santan dan 70 gram daging labu segar. Rendam beras merah dalam 150 ml air hangat, diamkan selama 1 jam. Setelah itu saring air beras dan masukkan ke dalam blender. Masukkan pula labu dan santan lalu blender selama 30 detik. Pakailah campuran alami tersebut untuk dibalurkan ke seluruh bagian tangan kemudian tutup dengan menggunakan sarung tangan. Setelah 15 menit bilas sampai dengan bersih.
  • Dapat dijadikan bedak dingin
  • Menghaluskan dan melembutkan kulit
  • Membuat kulit terlihat lebih cerah
  • Mencegah perut buncit dan obesitas

Itulah beberapa khasiat beras merah diantara bermacam-macam khasiat beras merah lainnya.

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0822-4260-8476


error: Content is protected !!