Penyakit Berbahaya di Musim Hujan

Penyakit Berbahaya di Musim Hujan – Cuaca yang tidak menentu belakangan ini, memperburuk kondisi kesehatan masyarakat. Hujan yang sering melanda sebagian besar wilayah Indonesia adalah salah satu faktor rawannya penyakit menyerang. Musim hujan ialah musim rawan penyakit dimana banyak bakteri, mikroba dan juga virus lebih cepat berkembang biak. Ditambah daya tahan tubuh yang menurun tentunya memperburuk kecepatan penyerangan kedalam tubuh. Semakin rentan tubuh diserang penyakit dengan faktor-faktor pendukung seperti musim penghujan daya tahan tubuh, sanitasi, dan lingkungan yang tidak sehat.

 

Berikut beberapa penyakit yang marak menyerang di musim hujan, yang harus diwaspadai penularan dan penyebarannya. Karena penyakit- penyakit ini sangat berakibat fatal jika di lakukan pembiaran. Penyebaran penyakit ini dimusim hujan sangatlah cepat.

  • Flu atau Influenza – Jenis penyakit yang umum terjadi di musim penghujan. Penyakit ini disebabkan Oleh virus influenza tipe A, B, atau C. Virus influenza dapat menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum dan dapat sembuh dengan sendirinya, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini. Pasalnya, beberapa orang dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia.
  • Diare – ialah penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan lain sebagainya. Adapun gejala diare ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya, dan feses yang encer saat dikeluarkan, rasa lemas karena dehidrasi dan kekurangan cairan tubuh.
  • Tipes – Demam tifoid, atau lebih dikenal dengan penyakit tipes ialah infeksi menular yang disebabkan Oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella Typhi. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Komplikasi penyakit yang dapat terjadi seperti pneumonia, miokarditis (peradangan otot jantung), pleuritis, gagal jantung akut, sampai dengan kematian.
  • Demam Berdarah Dengue – salah satu jeni penyakit menular yang patut diwaspadai ialah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Demam berdarah biasanya menyebabkan rasa nyeri dibagian sendi dan otot yang akan terasa seperti tulang yang retak. Sebagai salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian di Indonesia dikarenakan demam berdarah menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), sampai dengan kematian.
  • Malaria – selain demam berdarah penyakit berbahaya yang sering menjadi perhatian pemerintah adalah malaria yaitu penyakit akibat infeksi parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Di musim hujan, penyakit malaria akan mencapai puncaknya.
  • Leptospirosis – penyakit kencing tikus adalah nama yang biasanya dipakai masyarakat untuk menyebut penyakit Leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang berbentuk spiral dan disebut Leptospira interrogans. Penyakit dapat menular dengan cara penderita menyentuh tanah atau air, tanah basah, atau tanaman yang terkontaminasi oleh urine hewan yang terinfeksi. Hewan penular penyakit leptospirosis ialah tikus, sapi, babi, anjing, reptil dan hewan amfibi, juga hewan pengerat lainnya. Gejala yang nampak dan bisa di indikasikan menderita penyakit ini adalah demam tinggi, sakit di bagian kepala, rasa mual, muntah, mata berwarna merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit di bagian perut .

Penyakit-penyakit diatas rata-rata menyebabkan kekurangan cairan tubuh, jadi yang harus di persiapkan adalah memperbanyak minum air putih. Pada orang dewasa normal, disarankan minum air putih kurang lebih 2-2,5 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pembagian kebutuhan cairan tubuh menurut jenis kelamin laki – laki kurang lebih 2 liter, sedangkan untuk wanita liter.

Cairan yang dibutuhkan tubuh bukan hanya air, tetapi juga tubuh membutuhkan ion . Selain menjaga asupan cairan tubuh, yang harus diperhatikan juga adalah menjaga kebersihan, langkah – langkah yang bisa dilakukan adalah :

  1. Membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau minum.
  2. Membiasakan untuk mencuci tangan setelah selesai dari toilet.
  3. Mengkonsumsi makanan dan minuman higienis.
  4. Membiasakan mengkonsumsi makanan sehat.
  5. Hindari mengkonsumsi buah dan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih.
  6. Lebih baik membawa bekal dari pada jajan diluar.
  7. Memilih tempat makan diluar yang bersih.

Semoga informasi mengenai Penyakit Berbahaya di Musim Hujan dapat bermanfaat. Dan membuat kita semakin waspada tentang kesehatan lingkungan.

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0811-2043-499


error: Content is protected !!