Penyakit Tipes Pada Anak

Penyebab Penyakit Tipes Pada Anak

Demam pada anak janganlah dianggap sepele. Bisa saja demam yang diderita oleh anak bukan demam biasa. Karena penyakit memang tidak mengenal kata usia, penyakit tipes mungkin adalah salah satunya. Penyakit Tipes merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang pada anak-anak. Tipes yang dalam istilah medis dering disebut dengan demam tifoid, yaitu penyakit menular yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella T. Bentuk penularannya, selain dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri S. typhi, tipes bisa juga disebabkan melalui kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi.

Penyakit Tipes lebih sering menyerang anak-anak dikarenakan kebiasaan anak-anak dalam memasukkan barang atau mainan yang tidak higienis ke dalam mulut. Penyakit ini sangat berhubungan dengan sanitasi lingkungan, serta kebersihan pribadi seseorang.

Gejala Penyakit Tipes Pada Anak

Gejala tipes pada anak tidaklah jauh berbeda dengan gejala tipes pada orang dewasa. Namun ada beberapa hal yang membedakannya, yang mungkin disebabkan karena adanya perbedaan daya tahan tubuh anak yang belum setangguh daya tahun tubuh pada orang dewasa.

Berikut lima Gejala Tipes pada anak yang harus diwaspadai, yaitu:

Demam Tinggi – Demam pada anak memang selalu menjadi pertanda serius bagi kesehatan anak itu sendiri. Demam pada anak kemungkinan bisa menjadi indikasi penyakit yang serius bukan hanya Gejala Penyakit Tipes saja. Layaknya gejala tipes pada umumnya, anak akan mengalami demam tinggi dengan suhu tubuh mencapai 39-40 derajat celsius. Dengan demam tinggi seperti ini tentunya membuat anak menjadi rewel dengan kondisinya yang terasa tidak nyaman. Jika demam tinggi terus berlangsung sampai dengan 7 hari lamanya, segera lakukan tindakan merujuk ke dokter atau rumah sakit.

Gangguan Pencernaan – Salah satu gejala tipes yang akan terlihat pada anak adalah sakit di bagian perut, kemudian akan dilanjut dengan sakit diare, hal ini di karenakan adanya infeksi usus. Sakit perut akibat tipes umumnya terasa di bagian perut sebelah kiri, dimana posisi usus dua belas jari yang terinfeksi berada. Gangguan pencernaan kareana Tipes terjadi karena bakteri yang berasal dari makanan yang terkontaminasi.

Nafsu Makan Berkurang – Peradangan pada organ pencernaan tentunya membuat rasa kurang nyaman pada perut, mulut pun akan terasa pahit, ditambah datangnya rasa mual dan rasa ingin muntah. Hal ini menyebabkan anak penderita gejala tipes akan lebih tidak mempunyai nafsu untuk makan lagi. Jika anak terlihat mulai kurang bernafsu dalam makan. Waspadailah sebab mungkin saja gejala ini merupakan munculnya gejala tipes pada anak.

Tepi Lidah Memutih – Gejala tipes pada anak akan terlihat dari berubahnya warna dibagian tepi lidah. Umumnya, bagian pinggir lidah masih tetap berwarna merah, namun pada bagian tengahnya akan berwarna pucat atau berwarna putih. Hal tersebut disebabkan oleh terjadinya proses inflamasi. Adanya perbedaan yang mencolok pada warna lidah menjadi sebuah pertanda. Perhatikanlah warna lidah anak Anda.

Tubuh Terasa Nyeri- Anak yang mengidap tipes akan merasakan nyeri pada tubuh, sehingga akan terasa sakit saat bergerak. Dengan begitu, anak-anak akan lebih suka berbaring dan menolak beraktivitas. Gejala tipes pada anak yang satu ini menimbulkan rasa nyeri pada otot dan badan terasa pegal. Jadi harus diwaspadai jika anak mulai kurang beraktivitas.

Mengobati Penyakit Tipes Pada Anak

Mengobati Gejala Tipes Pada Anak

Jangan panik jika salah satu gejala penyakir tipes di atas muncul, segera lakukan antisipasi dan penanganan yang tepat pada anak sebelum memburuknya gejalan penyakit tipes. yang bisa berakibat fatal pada sibuah hati. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan??
Ada dua langkah pengobatan yang bisa dilakukan, yakni yang pertama secara medis dan yang kedua perawatan intensif di rumah. Untuk langkah medis, anak biasanya akan diberi obat antibiotik yang harus dihabiskan selama 1-2 minggu. Jika gejala tipes menunjukkan indikasi yang lebih parah seperti demam 40 derajat celsius atau diare akut, rawat inap untuk diberikan nutrisi melalui infus.

Langkah yang kedua adalah perawatan intensif dirumah. Setelah rujukan dengan tenaga medis dilakukan, maka rawatlah anak dengan intensif dirumah dengan memperhatikan tingkat gejala tipes yang muncul. Berikan air putih, jus buah, atau air kelapa untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Jangan lupa pula asupan makanan dan nutrisi pada anak, berikanlah waktu istirahat yang lebih banyak dari biasanya sebelum muncul gjala tipes.

Berkonsultasilah dengan tenaga medis untuk lebih baik, karena tentu tenaga medis memang lebih tahu dan lebih memahami apa yang diperlukan untuk mengobati dan memulihkan kondisi anak.

Untuk langkah perawatan intensif

 

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0822-4260-8476


error: Content is protected !!