Perbedaan Gejala Tipes dan Hepatitis

Gejala Tipes dan Hepatitis Sering Kali Mirip. Kenali Perbedaannya. Kedua penyakit ini memiliki gejala penyakit yang yang relatif sama, lantas apa yang menjadi perbedaan diantara gejala kedua penyakit tersebut?? Berikut perbedaan mendasar dari keduanya :

Pengertian dan Penyebab

Tipes – Bentuk Infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Typhi. Menyerang bagian pencernaan terutama bagian usus, yang berkembang biak dan menyebar. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia melalu makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri atau kontak langsung dengan penderita tipes menjadi sarana masuknya bakteri ke tubuh. Waktu yang diperlukan bakteri sejak masuk kedalam tubuh penderita (dapat terlihat dari gejalanya) kurang lebih dalam kurun waktu 14 hari proses ini biasanya dinamakan masa inkubasi.

Hepatitis – Bentuk infeksi yang disebabkan oleh (virus, bakteri, toksin, parasit), obat-obatan yang tidak tepat, konsumsi alkohol, dan penyakit autoimun sehingga menyebabkan peradangan yang terjadi di sel-sel hati manusia.

Masa inkubasi

Masa inkubasi tipes kurang lebih dalam kurun waktu 14 hari lamanya.

Masa inkubasi hepatitis A kurang lebih dalam kurun waktu 28 hari lamanya.

Masa inkubasi hepatitis B kurang lebih dalam kurun waktu 120 hari lamanya.

Masa inkubasi hepatitis C kurang lebih dalam kurun waktu 45 hari lamanya.

Gejala Yang Tampak

Secara umum, gejala yang muncul pada keduanya tidaklah jauh berbeda. Seperti :

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Demam
  • Nafsu makan berkurang
  • Rasa nyeri dibagian perut

Yang membedakan keduanya dari gejala yang nampak adalah munculnya Jaundice. Sakit kuning atau Jaundice hanya muncul pada penderita hepatitits saja, gejala ini tidak nampak pada penderita tipes. Ikterus atau nama lain dari Jaundice (sakit Kuning)yaitu sebuah kondisi yang disebabkan menurunnya konsentrasi bilirubin di cairan ekstraseluler sehingga menyebabkan jaringan tubuh menjadi kekuningan. Sedangkan untuk penderita tipes yang nampak adalah bintik-bintik berwarna merah atau merah muda pada bagian dada penderita tipes.

Pembeda selanjutnya adalah kondisi demam pada penderita tipes yang akan meningkat terus suhu tubuh nya saat demam diwaktu menjelang sore dan akan kembali mendekati suhu normal pada waktu pagi hari.

Penularan Penyakit

Tipes – penularan terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri salmonella typhi.

Hepatitis – penularan terjadi tergantung pada jenis virus yang menyerang. Untuk Hepatitis A dan E, terjadi karena pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, dan kebersihan tubuh yang tidak terjaga. Untuk Hepatitis B penularannya terjadi saat persalinan (hubungan ibu dan anak), 95% penularan akibat persalinan atau dapat terjadi melalui tranfusi darah, pisau cukur, tato, jarum suntik tercemar,atau transplantasi organ. Untuk Hepatitis C penularannya bisa terjadi melalui darah dan cairan tubuh.

Pengobatan Penyakit

Tipes – penanganan penyakit tipes dengan cara pemberian antibiotik.

Hepatitis – penanganan penyakit hepatitis berbeda tergantung jenis hepatitis yang diderita. Untuk penderita hepatitis A diberikan pengobatan pendukung dan dijaga keseimbangan gizinya. Sedangkan untuk penderita hepatitis tipe B, C, D akan diberikan antiviral khusus dan interferon.

Pencegahan Penyakit

Tipes – untuk pencegahan Tipes dengan cara menjaga kebersihan, langkah yang bisa dilakukan adalah :

  • Membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau minum.
  • Membiasakan untuk mencuci tangan setelah selesai dari toilet.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman higienis.
  • Membiasakan mengkonsumsi makanan sehat.
  • Hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih.
  • Lebih baik membawa bekal dari pada jajan diluar.
  • Memilih tempat makan diluar yang bersih.

Hepatitits – untuk pencegahan Hepatitis A dan E dengan cara menjaga kebersihan, langkah yang bisa dilakukan adalah sama dengan pencegahan pada penyakit tipes.

Untuk pencegahan hepatitis B, C, dan D yang dapat dilakukan dengan menghindari hubungan badan dengan orang yang sudah terinfeksi, menghindari pemakaian jarum suntik yang terinfeksi, sikat gigi, dan alat cukur bersama. Sebisa mungkin menghindari penggunaan alat pembuat tato dan alat tindik yang kurang terjamin kebersihannya. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, bisa dilakukan imunisasi yang dapat mencegah terjadinya penularan hepatitis.

Semoga informasi terkait perbedaan Tipes dan Hepatitis dapat membantu dan bisa menambah pengetahuan kesehatan kita.

Harga isi 60 kapsul Rp 250.000

Rp 235.000

Untuk pemesanan Nutrinext Kapsul silahkan kirim
Nama, No HP, Alamat Lengkap, Jumlah
ke nomor HP atau klik nomor langsung untuk chat via WhatsApp

0822-4260-8476


error: Content is protected !!